5 Cara Memulai Bisnis Kopi Di Tengah Persaingan Kompetitif!

Hal ini pun perlahan menggeser konsumen kopi dari kafe kelas atas ke tempat lebih sederhana. Menurut Renaldy, persaingan memang semakin ketat karena banyaknya kedai kopi lokal yang menjamur. Namun semua bergantung pada pemilik usaha dalam menggaet pelanggan. Konsultan Food and Beverage (F&B) Renaldy Wicaksono mengatakan, bisnis kedai kopi sebelum pandemi Covid-19 sangat menjanjikan karena sudah menjadi bagian gaya hidup konsumen.

Opsi ini dianggap sebagai jawaban bagi banyak masalah yang sering dihadapi oleh peminjam, termasuk mendapatkan modal untuk bisnis kopi. Keluarga dan rekan-rekan dekat Anda bisa jadi investor yang cukup potensial. Sebelum mengajukan permohonan ke tempat lain, cobalah berbicara dengan keluarga dan kenalan Anda. Jaringan bukan hanya berhubungan dengan orang-orang yang Anda anggap posisinya berada di atas.

Suasana ruangan pun dibuat dengan penerangan yang baik dengan nuansa putih atau ornamen kayu. Jadi, walau banyak usaha warung kopi menjamur di mana-mana, peluang di bidang ini akan terus terbuka untuk Anda selama permintaan kopi terus bertambah. Jangan lupa juga cantumkan detail mengenai cara mendapatkan produk, entah itu dapat diambil di kedai atau bisa dipesan melalui aplikasi ojol. Pandemi yang terjadi di seluruh dunia, juga mengubah kebiasaan orang tetap di rumah dan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Bisnis Kopi

Minum kopi tidak hanya menjadi kebiasaan untuk mengurangi rasa kantuk, akan tetapi menjadi gaya hidup orang dewasa juga anak muda, baik pria maupun wanita dalam aktivitas sehari-hari. Tahun 2015 tetiba dia memikirkan untuk membuka kedai kopi di Sulawesi Utara. Dirinya berharap, konsumsi kopi di Tanah Air bisa terus ditingkatkan. “Kemendag yakin di tengah tantangan sektor kopi, baik dalam konteks ICO dan pasar dunia, solusi terbaik yakni peningkatan konsumsi kopi,” tutur dia.

Para pencinta kopi di masa ini menginginkan kopi yang enak, berkualitas serta diketahui dari mana asal-usulnya. Lebih dari sekadar satu cangkir kopi nikmat, orang-orang mulai penasaran untuk tahu proses roasting hingga bagaimana bisa muncul istilah “specialty coffee beans.” Anak-anak muda penikmat kopi pun bermunculan dan menjadikan minuman ini lebih dari sekadar konsumsi melainkan bagian dari gaya hidup. GoFresh Supplier restoran & bahan baku segar untuk kebutuhan usaha kuliner Mitra Usaha Gojek. Sehingga ke depan, orang akan lebih memilih kopi premium dengan harga yang wajar.

Kolaborasi digelar dalam rangka Hari Anak Sedunia, yang diperingati setiap 20 November. Dari segi sumber daya manusia dan pengunjung, memperhatikan protokol kesehatan juga tak boleh dilupakan. Kalau tempat kita aman dan nyaman, pengunjung pasti merasa senang untuk datang karena risikonya rendah,” katanya. Kopi roasted beans, disarankan tidak bersentuhan langsung dengan tangan.

Konsumen tidak hanya minum kopi di kedai saja, tapi bisa bawa pulang produk kopinya,” tutur Putra, panggilan akrabnya. Dengan demikian, penggunaan halaman rumah rasanya tidak salah untuk menjalani bisnis kopi ini. Jika tertarik untuk memilih Kopi Yor sebagai usaha yang menguntungkan, modal awal untuk membuat waralaba kopi ini mulai Rp90 juta.

Kemudian berlanjut dengan sharing atau bertatap muka dengan petani, pebisnis kopi dan dinas. Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas, menjelaskan, komitment dalam mengangkat taraf kehidupan petani kopi Robusta. Dalam artian, petani bisa melakukan kontak langsung dengan pembeli. Pemerintah Provinsi Lampung membuka ruang kepada pebisnis kopi untuk mengembangkan usahanya. Alasannya, Lampung memiliki kopi Robusta yang sudah dikenal masyarakat luas.